Archives
Dikunjungi oleh
UserOnline

Healthy Live (Indonesian)

Dahsyatnya Buah dan Sayur Berwarna Putih

Ghiboo.com – Sayuran atau buah berwarna putih tampaknya kurang populer. Pola pikir seeorang terkadang hanya melihat dari luarnya dan langsung beranggapan makanan tersebut tidak lezat. Padahal sayuran dan buah berwarna putih memiliki nutrisi yang baik bagi tubuh, tak kalah dari sayuran hijau.

Banyak orang yang salah mengartikan bahwa hanya karena sayuran tersebut warna putih maka dianggap tidak memiliki zat pigmen. Makanan ini tetap memiliki zat pigmen yang berwarna putih. Biasanya, sayuran yang berwarna putih mengandung anthoxanthins, sebuah senyawa kimia yang dapat membuat jantung Anda sehat dengan cara menurunkan kolesterol dan tekanan darah Anda.

1. Jamur

Jamur merupakan sayuran dengan harga yang cukup mahal, namun paling bergizi. Jamur merupakan sumber kalium yang ampuh untuk melawan kanker. Penelitian juga menunjukkan bahwa jamur bisa meningkatkan produksi dan aktivitas sel-sel darah putih. Selain itu, jamur juga sangat baik melawan infeksi, menurunkan berat badan, atasi flu dan lawan radikal bebas.

2. Kentang dan Pisang

Keduanya merupakan sumber yang amat baik untuk mendapatkan energi (karbohidrat) dan kaya akan kalium. Kentang dan pisang juga mampu meringankan migren dan sakit kepala akibat stres.

3. Bawang putih

Bawang putih ternyata anti bakteri, anti jamur, anti peradangan dan anti beberapa jenis penyakit akibat kuman. Mengonsumsi bawang putih juga bagus untuk menjaga kesehatan jantung secara alami.

4. Kembang kol/kol

Sayuran dari keluarga cruciferous merupakan makanan yang baik yang akan memberikan serat dan vitamin dasar namun rendah kalori. Kol juga memberikan dampak baik bagi kesehatan, seperi anti kanker, menurunkan kadar kolesterol jahat, mengobati penyakit kulit, membantu kesehatan pencernaan, membersihkan pengaruh alkohol dalam darah dan mengurangi risiko terkena penyakit katarak.

5. Lobak

Sayuran ini merupakan sepupu dari wortel. Lobak mengandung banyak vitamin C. Lobak juga diketahui mengandung enzim diatase yang tinggi untuk membantu melancarkan pencernaan dan menghalangi penumpukan lemak dalam jaringan tubuh.

6. Tauge

Tauge dapat meningkatkan kesuburan karena menjadi sumber vitamin E. Tauge kedelai mengandung lebih banyak energi, protein dan lemak dibandingkan tauge kacang hijau. Kecambah kedelai juga berkhasiat menurunkan hipertensi karena adanya peptida dalam tauge yang bersifat sebagai penghambat kerja angiotensin I converting enzyme (ACE).

Cara Enak Turunkan Tekanan Darah Tinggi (1)

Ghiboo.com – ‚ÄčTekanan darah tinggi bisa dialami siapa saja. Biasanya, hipertensi terjadi akibat makanan, usia dan genetika. Jika tidak segera diatasi, tekanan darah tinggi bisa memicu serangan jantung dan stroke, bahkan menyebabkan kematian.

Ada beberapa cara agar tetap menjaga tekanan darah stabil, seperti rutin berolahraga, pilih makanan sehat dan mengurangi asupan natrium. Berikut ini ada 8 makanan yang dapat berkontribusi menurunkan tekanan darah, dilansir melalui Huffingtonpost, Jumat (30/3).

Kismis
Mengonsumsi kismis ternyata bisa membantu para penderita hipertensi. Penelitian yang dilakukan oleh Louisville Metabolic and Atherosclerosis Research Center menunjukkan bahwa mengonsumsi kismis tiga kali setiap hari membantu menurunkan tekanan darah setelah beberapa minggu memakannya.

Kismis kaya akan kalium yang dikenal mampu menurunkan tekanan darah. Selain itu, kismis juga menjadi sumber serat yang baik dan mengandung antioksidan yang dapat mengubah biokimia pembuluh darah untuk mengurangi tekanan darah.

Kiwi
Penelitian yang presentasikan dalam pertemuan American Heart Association tahun lalu menunjukkan bahwa mengonsumsi tiga kiwi sehari dapat menurunkan tekanan darah.

Dalam penelitian yang melibatkan 188 orang berusia 55 tahun ke atas yang mengidap tekanan darah tinggi, partisipan diminta untuk makan tiga kiwi atau sebuah apel setiap hari selama delapan minggu. Para peneliti menemukan orang yang mengonsumsi kiwi lebih mampu menurunkan tingkat tekanan darah sistolik daripada mereka yang makan apel.

Pisang
Penelitian di tahun 2005 yang dipublikasikan dalam jurnal Hypertension menemukan bahwa tekanan darah bisa turun dengan mengonsumsi makanan yang mengandung kalium, seperti pisang. Rendahnya kandungan natrium dalam pisang juga aman dikonsumsi bagi penderita tekanan darah rendah.

Para peneliti dari St. George’s Medical School di London menemukan bahwa orang yang mengonsumsi kalium sitrat -yang ditemukan secara alami dalam makanan- memiliki efek yang sama dalam menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi yang mengonsumsi kalium klorida melalui suplemen.

Semangka
Semangka tak hanya menyegarkan karena mengandung air. Buah ini juga kaya akan nutrisi, seperti serat, lycopene, vitamin A dan kalium. Penelitian dari Florida State University menunjukkan bahwa asam amino yang ditemukan pada semangka, yang disebut L-citrulline atau L-arganine, bisa menurunkan tekanan darah.

Peneliti merekrut sembilan orang dengan pre-hipertensi dan meminta mereka mengonsumsi 6 gram asam amino L-citrulline atau L-arganine per hari selama enam minggu. Peneliti menemukan bahwa tekanan darah para partisipan mengalami penurunan dan kembali berfungsi baik.

Cara Enak Turunkan Tekanan Darah Tinggi (2-Habis)

Ghiboo.com – Tekanan darah tinggi bisa dialami siapa saja. Biasanya, hipertensi terjadi akibat makanan, usia dan genetika. Jika tidak segera diatasi, tekanan darah tinggi bisa memicu serangan jantung dan stroke, bahkan menyebabkan kematian.

Yuk, kita lanjutin makanan apa saja yang bisa membantu Anda menurunkan tekanan darah tinggi.

‚ÄčKentang ungu

Penelitian kecil yang dipresentasikan tahun lalu pada pertemuan American Chemical Society menunjukkan bahwa warna ungu pada jenis umbi-umbian memiliki manfaat untuk penurunan tekanan darah, yang sama baiknya dengan mengonsumsi oatmeal untuk mengatasi hipertensi.

Peneliti merekrut 18 penderita hipertensi. Mereka diminta makan enam hingga delapan kentang ungu (termasuk kulit) dua kali sehari dalam sebulan. Peneliti menemukan bahwa peserta mengalami penurunan tekanan darah sistolik dan diastolik pada akhir periode penelitian.

Tahu
Makan makanan yang terbuat dari kacang kedelai, seperti tahu, tempe, tofu, miso, susu kedelai dan edaname dapat menurunkan tekanan darah.

Penelitian yang dipresentasikan pada pertemuan tahunan American College of Cardiology melakukan pengamatan terhadap 5.000 orang yang diet selama 20 tahun. Para peneliti menemukan bahwa isoflavon, senyawa dalam kedelai, membantu menurunkan tekanan darah sistolik.

Cokelat
Cokelat berhubungan dengan indeks massa tubuh yang rendah dan bermanfaat bagi penderita hipertensi. Penelitian di tahun 2010 yang dimuat dalam jurnal BMC Medicine menunjukkan bahwa flavanol yang ditemukan dalam coklat, tampaknya membantu melebarkan pembuluh darah sehingga membantu menurunkan tekanan darah.

“Flavanol telah terbukti meningkatkan pembentukan nitric oxide ondetel, yang mendukung penurunan tekanan darah. Kami telah menemukan hanya dengan mengonsumsi cokelat mampu mengurangi tekanan darah pada penderita hipertensi,” papar Dr Karin Ried dari University of Adelaide, Australia.

Cabe
Jika Anda menyukai makanan pedas, maka cabe membantu menurunkan tekanan darah. Pada penelitian di tahun 2010 dan diterbitkan dalam jurnal Cell Metabolism menunjukkan bahwa capsaicin, rasa pedas dalam cabe, bisa menurunkan tekanan darah pada tikus yang menderita hipertensi. Namun, para peneliti dari Third Military Medical University di China mencatat bahwa temuan tersebut perlu diujicobakan pada manusia.

Sinar Matahari Obati Pasien Serangan Jantung

Ghiboo.com – Lupakan aspirin atau obat anti pembekuan darah. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa sinar matahari ampuh mengobati pasien serangan jantung dan mencegah kerusakan permanen akibat penyakit tersebut.
Dailymail (27/4) mengungkapkan para ahli menyatakan bahwa pasien serangan jantung bisa pulih lebih cepat di rumah sakit jika terkena paparan sinar matahari. Paparan sinar matahari diyakini bisa mengurangi kerusakan yang disebabkan oleh serangan jantung.

Menurut para ahli, hal ini terjadi karena jam tubuh atau biasa disebut irama sirkandian, yang dikaitkan dengan keadaan gelap dan terang. Ritme sirkandian diatur oleh protein di otak. Dan protein yang sama juga ditemukan dalam jantung.

Ahli jantung, Tobias Eckle dari University of Colorado di Denver bersama rekannya menemukan salah satu link protein untuk jam tubuh, yang disebut dengan periode 2. Periode 2 memainkan peran penting dalam menangkis kerusakan akibat serangan jantung.

Selama serangan jantung, jumlah oksigen sangat sedikit dan terkadang tidak sampai ke jantung. Tanpa oksigen, jantung harus beralih ke bahan bakar lainnya, yaitu lemak untuk glukosa. Tanpa perubahan metabolisme jantung, sel akan mati dan jantung akan rusak.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa protein periode 2 sangat penting untuk perubahan bahan bakar dari lemak ke glukosa, dan bisa membuat metabolisme jantung lebih efisien.

Tim peneliti menemukan bahwa cahaya matahari mengaktifkan protein periode 2 pada hewan dan memotong kerusakan dari serangan jantung.

Semangka, Buah Mujarab untuk Kanker Prostat dan Jantung

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA–Siang hari yang panas, bayangkanlah buah semangka. Buah dari suku ketimun ini, selain dikenal sangat menyegarkan juga memberikan efek yang positif bagi tubuh.

Semangka mengandung likopen yang tinggi. Likopen merupakan antioksidan yang ditemukan dalam buah-buahan berwarna merah (kecuali stroberi). Penelitian ilmiah menunjukkan bahwa likopen dapat mengurangi risiko kanker prostat dan penyakit jantung.

Orang yang makan diet yang tinggi kandungan likopen, kecil kemungkinannya untuk mengalami serangan jantung.  Buah berair dengan nama latin Citrullus lanatus ini juga kaya akan Vitamin B6. Vitamin B6 adalah zat penting yang dapat merangsang hormon dalam otak untuk mengatasi kecemasan dan panik.

Tak hanya itu, semangka juga kaya akan vitamin C. Vitamin C tak hanya penting untuk menjaga daya tahuan tubuh, vitamin ini mutlak diperlukan untuk memperlambat penuaan dan kerusakan kondisi medis seperti katarak.

Sama seperti vitamin C, vitamin A yang terkadung dalam semangka juga membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu, vitamin A dapat membantu tubuh melawan infeksi dan mencegah kebutaan.

Namun tidak seperti pisang atau pepaya yang bisa tumbuh sepanjang musim, semangka memiliki musimnya sendiri. Oleh karena itu, jangan menyia-nyiakan jika musim semangka sudah datang. JIka berbelanja di supermarket, untuk mengtahui semangka yang sudah matang, sebaiknya anda mencoba dengarkan bunyi ketika kulitnya diketuk.

Jika terdengan suara berongga, artinya buah semangka sudah siap disantap, tetapi jika Anda mendengar suara yang solid, artinya semangka masih mentah dan perlu beberapa hari lagi untuk matang.

9 Kebiasaan Turunkan Tekanan Darah

Ghiboo.com – Darah tinggi terjadi karena peningkatan darah dalam pembuluh darah yang mengangkut darah dari jantung dan mengalir ke seluruh tubuh. Jika dibiarkan, hal ini akan memberikan dampak buruk bagi penderita, seperti risiko penyakit jantung, stroke, kolesterol bahkan komplikasi. Beberapa penderita darah tinggi mengonsumsi obat penurun tekanan darah. Padahal, tekanan darah bisa diturunkan melalui perubahan gaya hidup dan pola makan.
Banyak orang masih bingung apakah ada cara alami untuk menurunkan tekanan darah. Health (2/5) memberi beberapa tips bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tanpa obat.

1. Olahraga teratur
Olahraga memang tak hanya membuat Anda sehat, tetapi rutin melakukan aktivitas fisik selama 30 menit setiap hari selama seminggu juga cukup membantu menurunkan tekanan darah.

Gerald Fletcher, MD, ahli jantung di Mayo Clinic mengatakan bergerak aktif mengurangi tekanan darah 3-5 poin, dan perlahan dapat mengurangi penggunaan obat hipertensi mereka. Sebaiknya, pilih olahraga yang paling Anda sukai, seperti berjalan, jogging, berenang atau bersepeda.

2. Konsumsi pisang
Kebanyakan garam dapat meningkatkan tekanan darah, namun kalium/potasium mampu mengurangi efek buruk natrium. Biasanya, sebagian besar penderita hipertensi kekurangan mineral ini.

3. Kurangi garam
Orang dengan tekanan darah normal, cukup tinggi atau tinggi dapat menurunkan tekanan darah dengan mengurangi asupan garam. Batasi asupan garam 1.500 mg sehari. Cara yang mudah adalah menghindari makanan olahan karena mengandung natrium yang tinggi. Jangan lupa untuk selalu memeriksa kadar sodium pada label makanan kemasan.

4. Berhenti merokok
Para perokok berisiko tinggi mengalami hipertensi. Nikotin membuat tekanan darah melonjak yang akhirnya menyebabkan hipertensi kronis. Berhenti merokok dapat membantu menurunkan tekanan darah, dan memberikan efek positif bagi kesehatan tubuh.

5. Turunkan berat badan
Mengurangi berat badan beberapa pons akan memberikan efek pada tekanan darah. Kelebihan berat badan membuat jantung bekerja keras, yang menyebabkan hipertensi. Mengurangi berat badan justru akan mengurangi beban kerja jantung.

6. Kurangi alkohol
Kebanyakan minum justru dapat menaikkan tekanan darah. Berbagai penelitian mengungkapkan bahwa konsumsi lebih dari dua gelas alkohol meningkatkan risiko hipertensi bagi pria dan wanita.

7. Atasi stres
Mengelola stres membantu menurunkan tekanan darah. Namun, langkah dalam mengatasi stres biasanya berbeda-beda setiap orang. Relaksasi dan manajemen stres diperlukan bagi penderita hipertensi untuk mengendalikan tekanan darah.

8. Yoga dan meditasi
Yoga merupakan metode pelepas stres yang efektif mengurangi tekanan darah pada penderita hipertensi dan berhubungan dengan sistem saraf otonom, denyut jantung, pencernaan dan fungsi sebagian besar organ lainnya.

9. Kurangi kafein
Meskipun memberikan banyak manfaat, kafein ternyata juga dapat menyebabkan kenaikan tekanan darah dalam jangka pendek, bahkan pada orang sehat dan dengan tekanan darah normal.

Jika Anda penderita hipertensi, kurangi asupan kafein hanya dua cangkir kopi per hari. Untuk memeriksa efek kafein, cek tekanan darah setelah mengonsumsi kafein. Jika tekanan darah naik 5-10 poin, maka Anda termasuk sensitif kafein.

Leave a Reply

*

This blog is kept spam free by WP-SpamFree.

Skip to toolbar